Sup Patin Asam Manis (pedas?)
Hobi saya banyak dan macem-macem, tapi masak ini hobi yang paling konsisten saya jalani. Gimana ga konsisten, tiap hari saya nyediain menu makan di rumah hahaha... Kapan hari nemu resep ini di internet. Karena keluarga saya gemar makan ikan, jadi ga ada salahnya saya nyoba resep ini. Daripada ikan digoreng mulu lama-lama juga bosen :D
Sup asam manis pedas ini ngingetin saya sama Tom Yam-nya Nik Som waktu saya tinggal di Thailand beberapa bulan yang lalu.
Bahan:
1 kg ikan patin (atau bisa diganti kakap/dori/ikan air tawar lain, asal dagingnya cukup tebal dan ga gampang ancur)
2-3btg serai, memarkan
3 lbr daun salam
5 cm jahe, memarkan
3 lbr daun salam
5 cm jahe, memarkan
5 cm lengkuas, memarkan
3 buah tomat merah, belah
3 buah tomat merah, belah
4 buah tomat hijau, belah 4
2 buah cabai merah, iris kasar
2 buah cabai merah, iris kasar
Daun kemangi secukupnya
1 sendok teh asam jawa
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 sendok teh asam jawa
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Bumbu halus:
5 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 buah cabai merah
Cara memasak:
- potong-potong ikan sesuai selera (kalo saya sih biasanya agak tebel, biar ga ancur waktu proses perebusan) lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit, sisihkan
- Rebus air (1250 ml) hingga mendidih, masukkan bumbu halus, serai, daun salam, jahe, lengkuas, asam. garam dan gula. Biarkan mendidih, baru masukkan ikan.
- Setelah mendidih, masukkan tomat merah, tomat hijau dan potongan cabai merah (bila suka pedas, bisa ditambah cabai rawit. Saya sih ga doyan pedes hahahaha) aduk-aduk sesekali, biarkah mendidih hingga air berkurang 1/4-nya
- Terakhir masukkan kemangi, matikan api, sajikan hangat ^^
![]() |
| Penampakan waktu dimasak |
![]() |
| Penampakan kedua |
NB: ga sempet ambil foto waktu disajikan, keburu ilang tinggal tulangnya aja >.<
Komentar Adik: kok asem? (ya iya laaah namanya aja udah sup ASAM manis)
Komentar Mama: kurang asin
Komentar Ayah: enak, mantep, sayang kok ga pedes. resepnya nyontek dimana?
Selamat mencoba ^^


Hahahaaaa mauuuu
ReplyDeleteSini sini tak masakne ;)
ReplyDelete